Thursday 13 April 2017

Takaful Dalam Perspektif Ekonomi Islam 2021

 KONSEP TAKAFUL DI MALAYSIA




Dewasa ini, pembangunan sistem perekoknomian Islam menjadi pilar utama di dunia. Konsep perekonomian yang berdasarkan aturan Al-Quran dan Sunnah nabi menjadi pilihan alternatif negara-negara di dunia, bahkan negara yang sangat gencar menerapkan sistem ekonomi Islam merupakan negara barat yang maju, seperti Inggris, Amerika Serikat dan juga Rusia. Sehingga mereka menjadi pusat riset ekonomi Islam yang fundamentalis.

Dalam Sistem Ekonomi Islam, penerapan sektor ekonomi sangat luas mencakup bidang perbankan, asuransi atau takaful, saham, pertanian, perkebunan serta transaksi-transaksi muamalah lainnya. 
Namun pada kesempatan ini, penulis akan membahas sedikit tentang bagian dari produk sistem perekonomian Islam, yaitu Takaful atau Asuransi Syariah.

Menariknya lagi, penulis akan membahas konsep takaful negara maju dalam sistem keuangan Islam Asia yaitu Malaysia. Malaysia menjadi negara No. 1 di wilayah Asia dalam mengamalkan konsep perekonomian Islam. Hampir semua sektor keuangan Islam berhasil Malaysia terapkan dengan sionbaik, sehingga sistem moneter keuangan Malaysia terdiri dari dua sitem moneter yaitu : sistem moneter Islam and konvensional secara bersamaan.

untuk mengetahui sistem takaful di Malaysia, kita perlu ketahui komponen-komponen yang ada dalam penerapan produk takafulnya. Diantara komponen wajib dalam bisnis takaful yaitu :
  1. Agen 
Agen merupakan agen sah yang dilesenkan dibawah akta Takaful 1984 yang diberi kuasa oleh pengendali Takaful. Sebagai principal, untuk melaksanakan urusan pemasaran produk takaful dan berurusniaga dengan peserta bagi pihak pengendali takaful. Agen takaful dapat memberi kelegaan kewangan denga:

a)      Peranan agen dalam pengembangan bisnis takaful sangat banyak, diantara peranan yang
umum adalah mengembangkan pasar baru atau melalukan ekspansi market dengan penjualan
produk khususnya pada daerah-daerah yang belum menggunakan jasa takaful melalui sosialisasi
secara langsung.

b)      Agen juga sangat berpengaruh dan berperan dalam mempertahankan serta meningkatkan
pasar yang sudah adadengan berupaya selalu menjaga kamunikasi dengan para nasabah dalam
rangka memberikan pelayanan terbaiknya.

c)      Membantu peserta-peserta untuk mengambil langkah proaktif dalam perancangan kewangan
sekiranya berlaku musibah, kerugian harta dan kematian.

d)     Membantu menyemaikan disiplin untuk menyimpan wang di kalangan peserta takaful

e)      Melakukan kegiatan edukasi/ pendidikan kepada masyarakat dengan mengenalkan 
perencanaan , pelatihan, workshop, ceramah dan seminar.



2. Peranan Serta Tanggung Jawab Agen Takaful Berdasarkan Akta 1984 Malaysia
 Peranan serta tanggung jawab agen takaful berdasarkan akta 1984 mengikut kepada 3 seksyen
Tindakan tanduk agen Takaful di Malaysia dijelaskan dalam seksyen 25, 28, dan 66 Akta Takaful
1984:

a.  Seksyen 25 menyatakan
Ø  Tertakluk kepada subseksyen dua (2) dan tiga (3), tiada pengendali boleh mengambil alih apa-apa risiko berkenaan dengan sesuatu perniagaan am melainkan jika dan sehingga:
Caruman yang kena dibayar diterima oleh pengendali atau dijamin akan dibayar oleh mana-mana orang mengikut apa-apa cara dan dalam sesuatu masa sebagaimana yangditetapkan; atau Deposit bagi suatu amaun sebagaimana yang ditetapkan adalah dibuat terlebih dahulu mengikut cara yang ditetapkan

Ø  Jika caruman yang kena dibayar menurut subseksyen satu (l diterima oleh mana-mana orang, termasuk agen takaful atau broker, bagi pihak pengendali, penerimaan itu hendaklahdisifatkan sebagai penerimaan yang dibuat oleh pengendali bagi maksud maksud subseksyen itu dan beban membuktikan bahawa caruman yang kena dibayar itu telah diterima oleh seseorang, termasuk agen takaful atau broker yang tidak diberi kuasa untuk menerima caruman itu terletak pada pengendali Subseksyen satu (l) dan dua (2) hendaklah terpakai bagiapa-apa jenis perniagaan am takaful sebagaimana yang ditetapkan dari semasa ke semasa.

Ø  Jika mana-mana orang, termasuk agen takaful atau broker. menerima bagi pihak pengendali suatu caruman atas sijil takaful dari jenis yang ditetapkan pada masa itu menunut subseksyen tiga (3); orang itu hendaklah mendeposit dengan atau menghantar secara pos kepada pengendali caruman yang dipungut sedemikian itu dalam suatu masa sebagaimana yang ditetapkan berhubungan dengan sijil-sijil dari jenis itu si

Ø  Apa-apa pembayaran balik caruman berhubungan dengan takaful dari jenis yang ditetapkan dibawah subseksyer yang kena dibayar kepada peserta kerana pembatalan sijil atas perubahan dari segi terma dan atau apa-apa sebab kepada peserta dibayar oleh pengendali secara oleh dan resit sempurna diperolehi pengendali dari peserta dan pembayaran  tidak sekali kalinya dibayar atau kepada mana-mana orang lain, termasuk agen takaful atau broker Mana-mana orang yang tidak mematuhi seksyen ini adalah dikenakan suatu apabila disabitkan boleh denda tidak melebih lima ringgit (RM 5,000.00)

b. Seksyen 28
Seksyen 28 memperuntukkan
Mana-mana orang yang, dengan apa-apa pernyataan, janji atau ramalan yang dia ketahui adalah mengelirukan, palsu atau memperdayakan atau merahsiakan secara fraud (penipuan) sesuatu fakta matan, atau dengan cara semberono membuat (secara fraud atau sebaliknya) sesuatu pernyataan, janji atau ramalan yang mengelirukan, palsu atau memperdayakan, mendorong atau cuba untuk mendorong orang lain untuk membuat atau menawar untuk membuat apa-apa sijil takaful dengan seorang pengendali adalah melakukan suatu kesalahan dan, apabila disabitkan, boleh dikenakan denda tidak melebihi dua puluh ribu ringgit (RM 20,000.00) atau penjara selama tempoh tidak melebihi satu (1) tahun atau kedua-duanya. Matan adalah Antara lain Seksyen 28 menekankan fakta  maklumat penting yang akan mempengaruhi proses pengunderaitan untuk menerima atau menolak risiko yang Seksyen juga menekankan bahawa tahu dan dikehendaki untuk menyatakan ma yang beliau dengan patutnya tahu, jika tidak fakta disabitkan boleh kesalahan dan dikenakan denda seperti yang dinyatakan,

c. Seksyen 66 pula memperuntukkan sebagai:
Seseorang yang pada bila bila masa telah diberi kuasa agennya oleh pengendali takaful, dan yang mensolisit atau merundingi suatu sijil takaful atas sifat itu hendaklah dalam setiap hal itu disifatkan bagi maksud pembentukan sijil sebagai agen pengendali itu dan pengetahuan orang itu berhubungan dengan suatu perkara yang relevan dengan penerimaan risiko oleh pengendali hendaklah disifatkan sebagai pengetahuan pengendali yang dibuat atau apa-apa perbuatan yang dilakukan oleh mana-mana orang itu atas sifatnya sebagai agen bagi maksud pembentukan sijil sebagai pernyataan yang dibuat atau perbuatan yang dilakukan oleh pengendali walaupun terdapat pelanggaran terhadap Seksyen 28 atau mana-mana peruntukan lain dalam Akta ini oleh orang itu. 

Pada hakikatnya sistem takaful menyediakan jaminan kewangan yang dibayar apabila apabila sesuatu musibah terjadi seperti, kematian, kecurian, dan jga kebakaran.
Takaful akan Reasuransi pada takaful disebut dengan retakaful, dimana pengertiannya adalah suatu proses saling mengangggung antara pemberi sesi (ceding company) dengan penganggung ulang melalui proses suka sama sukadari berbagai resiko dan persyaratan yang ditetapkan dalam akad yang dikenal dengan sharing haring of risk.

Perusahaan takaful harus meretakafulkan resikonya kepada retakaful syariah pula. Namun jika tidak terdapat perusahaan retakaful dengan dalil darurat, maka dibolehkan perusahaan asuransi syariah meretakafulkan perusahaan kepada reasuransi konvensional, seperti negara Indonesia. Dalam erti kata lain, ia merupakan penyediaan sumbangan yang dikongsi bersama bagi membantu mereka yang ditimpa musibah. Asas falsafah ini adalah berpandukan kepada beberapa hadis Rasulullah (s.a.w.) yang antaranya:

 a)    Dalil Kerjasama:
“Allah akan sentiasa membantu hamba-Nya selagi mereka saling membantu antara satu sama lain" (Hadis riwayat Imam Ahmad dan Imam Abu Daud).

b)   Dalil Tanggungjawab:
  “Ibarat hubungan dan perasaan orang-orang beriman sesama mereka adalah seperti  jasad, apabila salah satu daripadanya ditimpa kesusahan, maka seluruh anggota yang lain juga akan merasainya" (Hadis riwayat lmam al-Bukhari dan Imam Muslim).

c) Dalil Saling Melindungi:
Demi hayatku yang berada dalam kekuasaan Allah, tiada siapa akan masuk Surga
jika beliau tidak melindungi jirannya yang berada dalam kesusahan" (Hadis riwayat
Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim).

 3. Falsafah Dalam Takaful Malaysia
 Falsafah Takaful menekankan kepada sifat keikhlasan. Di bawah konsep ini, para peserta memberi sumbangan kewangan berdasarkan kepada kontrak tabarru' yang menghadapi para peserta bersetuju agar sumbangan yang diberikan boleh digunakan untuk membantu para peserta di dalam pelan skim takaful yang berkenaan. Sumbangan atau caruman Takaful yang dibuat adalah dengan niat yang ikhlas dan hati yang redha untuk tujuan menyumbang atau membantu peserta yang ditimpa musibah.

Dengan demikian, semangat Takaful menekankan kepada kepentingan persaudaraan antara peserta. Sifat mengutamakan diri sendiri tidak sepatutnya wujud di kalangan peserta Takaful.

4. Peranan Takaful Dalam Pembangunan Kewangan Islam di Malaysia
Para peserta (sebagai pemegang sijil atau pencarum) menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap pengendali Takaful bagi memastikan perniagaan takaful diurus dengan sempurna. Sebelum menjalankan perniagaan Takaful, pengendali Takaful hendaklah dilengkapi dengan kepakaran dan kemahiran yang luas, dan mempunyai sistem pengurusan dan sistem maklumat yang cekap. peranan penting yang harus dipenuhi oleh setiap tara  pengendali Takaful adalah:

1. Bidang teknikal Kepakaran dalam bidang teknikal seperti aktuarial, pengunderaitan pembangunan produk, pelaburan dan tuntutan adalah penting kerana bidang-bidang ini merupakan fungsi teras perniagaan Takaful. Pengendali Takaful hendaklah mempunyai bilangan kakitangan mahir yang mencukupi dalam bidang-bidang ini dengan program latihan sewajarnya disediakan untuk memupuk pembangunan kepakaran.

2. Syariah: Pelantikan koordinator Syariah adalah penting bagi memastikan operasi perniagaan Takaful mematuhi keperluan Syariah seperti yang dinasihati oleh Jawatankuasa Syariah. Pelantikan ahli jawatankuasa Syariah ini adalah tertakluk kepada kelulusan Bank Negara Malaysia.

3. Teknologi maklumat dan komunikasi: Pengendali Takaful perlu mempunyai sistem teknologi maklumat dan komunikasi yang lebih cekap. Ini adalah penting bagi menyokong operasi keseluruhan dan meningkatkan kecekapan saluran agihan dan juga memperbaiki ketepatan maklumat dan ketepatan waktu sistem pelaporan kewangan dan pemantauan pengendali Takaful.


Pengendali Takaful juga dikehendaki membuat pendedahan secukupnya dan memastikan ketelusan dalam amalan Takaful sebagai sebahagian daripada langkah untuk meningkatkan tadbir urus korporat dan melindungi kepentingan semua pihak berkepentingan. Sumber pendapatan pengendali Takaful adalah daripada:
  1.  Keuntungan daripada pelaburan kumpulan wang pemegang saham
  2. Yuran wakalah; pelaburan kumpulan wang
  3. Sebahagian keuntungan  Takaful; dan/atau
  4. Lebihan kumpulan wang Takaful.
Demikianlah sistem penerapan Takaful di Negara Malaysia yang dapat saya ulaskan, Semoga menjadi bahan bacaan dan pembanding dengan sistem Takaful di Indonesia dalam pola implimentasinya. Saya sangat berharap komentar-komentar kawan para blogger dan pembaca untuk menjadi semangat bagi saya dalam peningkatan kualitas tulisan kedepannya. Terima Kasih 






Wednesday 12 April 2017

Wakaf Dalam Ekonomi Islam 2021

WAKAF DALAM ISLAM

Wakaf menjadi instrument penting Islam untuk menbangun peradaban sector perekonomian. Sejarah telah mencatat peranan  wakaf dalam kerajaan Islam menjadikan masyarakat muslim makmur dan berkemajuan. Infarstruktur seperti masjid, madrasah, pusat kesihatan, jembatan, jalan dibina dari harta wakaf.  
Namun saat ini mayoritas muslim masih enggan menunaikan wakaf., menyebabkan banyak masyarakat yang hidup di Kerajaan Islam dalam miskin. Semestinya wakaf menjadi pondasi dasar bagi penggerak pembangunan kerajaan Islam. Bila wakaf diproduktifkan secara maksimal, maka Kerajaan Islam tidak harus bergantung pada Negara Barat, semisal IMF (Internasional Moneter Fund) guna mendapatkan modal segar berupa hutang.
 Impact dari perbuatan tersebut banyak Negara Islam merosot dan terbelit hutang Internasional. Perekonomian Negara semakin kacau dan tak terkendalikan. Oleh karena itu Kerajaan Islam harus melakukan transformasi pengelolaan harta wakaf, sebagai satu sendi pembangunan perekonomian sejak zaman dahulu.

Wakaf merupakan salah satu cara ibadat atau salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui harta kekayaan. Wakaf merupakan satu amalan sunat dan digalakkan serta menjadi wajib dilaksanakan apabila dibuat dengan wasiat. Oleh karena umat islam mahu berwakaf kerana mahukan keridhaan Allah. 

Amalan wakaf merupakan satu mekanisme perkongsian harta kekayaan seseorang dengan orang lain. Dalam ekonomi, wujudnya golongan yang mengagih semula harta kekayaan kepada orang lain sangat penting kerana ia bole membantu dalam mencapai pembangunan ekonomi sesebuah Negara.

Kata “Wakaf “ atau Waqf” berasal dari bahasa Arab ” Waqafa”. Asal kata “Waqafa” berarti “menahan” atau “berhenti” atau “diam di tempa”t atau “tetap berdiri”. Kata “Waqafa- Yuqifu- Waqfan” sama artinya dengan “Habasa- Yahbisu- Tahbisan”.

Dari segi etimologi wakaf berasal dari kata “waqf” yang berarti tertahan atau menahan. Adapun jika ditijau menurut istilah wakaf yakni menahan harta benda yang kekal ‘ain-nya (zatnya), menahan suatu harta benda yang kekal zatnya bermakna harta tersebut tidak dijual dan tidak pula diberikan atau diwariskan, akan tetapi hanya untuk disedekahkan yang kemudian diambil manfaatnya sahaja dengan tujuan untuk beribadah dan mendapatkan pahala dari Allah S.W.T.

            Wakaf boleh di definiskan sebagai satu cara pengagihan harta yang diberikan kepada pihak tertentu dengan niat yang tertentu dan dimanfatkan secara berterusan. Pemanfaatan harta wakaf  tidak hanya saja pada pembagunan fisik sahaja, seperti pada dahulu dimna harta wakaf dimanfaatkan dalam sector infrastruktur umum dan ibadah. 


Tetapi harta wakaf sangat akan berguna dan bermanfaat pada masa modern ini bila di agihkan kepada sector pendidikan. Wakaf pendidikan dapat menciptakan anak negeri lebih handal dan mempunyai skill selepas menyelesaikan pendidikannya. Sehingga mereka menjadi pioner dalam pembangunan perekonomian kerajaan, seperti yang telah dilaksanakan oleh Kerajaan Mesir, Indonesia dan Turki.

Di kalangan Ulama mazhab hampir semua mendefenisikan wakaf dengan berbegai definisi yang utuh.
Ø  Imam Abu Yusuf dalam mazhab Hanafi mendefenisikan wakaf adalah menahan sesuatu harta di bawah kekuasaan Allah, di mana hak kepemilikan dari pewakaf akan berpindah kepada Allah s.w.t dan hasil daripada harta wakaf tersebut untuk kebaikan orang ramai.
Ø  Mazhab Maliki
    Wakaf adalah mensedekahkan manfaat suatu harta selama ia wujud dan kekal pemilikan harta tersebut secara taqriri. Mazhab Hanbali mendefenisikan wakaf iaitu menahan fizikal suatu harta dan disedekahkan hasilnya untuk tujuan kebajikan dan mendekatkan diri kepada Allah s.w.t.
    Mazhab maliki membolehkan juga wakaf  benda bergerak, baik yang menempel dengan yang lainnya, meskipun tidak ada nash yang membolehkannya atau melaranggya. Karena dalam pandangan mazhab Maliki wakaf tidak mensyaratkan ta’bid (terus-menerus atau selama-lamanya) pada wakaf, bahkan mazhab maliki mengatan sah wakaf walaupun hanya bersifat sementara. 
Ø  Menurut mazhab Syafi’i dan Ahmad bin Hambal
   Wakaf adalah melepaskan harta yang diwakafkan dari kepemilikan wakif, setelah sempurna prosedur perwakafan. Wakif tidak boleh melakukan apa saja terhadap harta yang diwakafkan, seperti: perlakuan pemilik dengan cara pemilikannya kepada yang lain, baik dengan cara tukaran atau tidak. 
   Jika wakif wafat, harta yang diwakafkan tersebut tidak dapat diwarisi oleh ahli warisnya. Wakif menyalurkan manfaat harta yang diwakafkannya kepada mauquf ‘alaih (yang diberikan wakaf) sebagai shadaqah yang mengikat, di mana waqif tidak dapat melarang penyaluran sumbangannya tersebut. Apabila wakif melarang, maka Qadli berhak memaksanya agar memberikannya kepada mauquf ‘alaih.
     Maka dari itu Mazhab Syafi’i mendefinisikan wakaf adalah: “Tidak melakukan suatu tindakan atas suatu benda, yang berstatus sebagai milik Allah SWT, dengan menyedekahkan manfaatnya kepada suatu kebajikan (sosial)”.



Thursday 16 June 2016

Ekonomi Mikro versus Mikro Konvensional 2021

Ekonomi Mikro Islam dan Konvensional
Suatu Perbandingan Mendasar




Ekonomi mikro pada dasarnya merupakan suatu konsep ilmu yang mempelajari bagaimana perilaku tiap-tiap individu dalam setiap unit ekonomi, Ekonomi mikro juga dapat berperan sebagai konsumen, pekerja, investor, pemilik tanah atau resource yang lain, ataupun perilaku dari sebuah industri.

Saat ini kita mengenal dua konsep ilmu ekonomi mikro. Pertama Pembahasan ekonomi mikro konvensional yang didasarkan pada perilaku individu-individu yang secara nyata terjadi di setiap unit ekonomi. Ekonomi ini akan bertindak dan berperilaku sesuai dengan norma dan aturan  aturan menurut persepsinya masing-masing dengan hanya menggunakan logika dan semerta-merta mencari keuntungan saja.

Kedua Pembahasan ekonomi mikro islam. Ekonomi mikro Islam merupakan aktifitas hubungan individu-individu manusia yang didasarkan kepada factor moral atau norma yang terangkum dalam tatanan syariah. Rasulullah menjadikan masalah ekonomi sebagai suatu hal yang harus diberikan perhatian yang lebih. Oleh karena perekonomian adalah pilar penyangga keimanan yang harus diperhatikan. Mustahil suatu negara Islam akan maju dan makmur menjalankan roda pemerintahan tanpa ada aktifitas perekonomian yang kuat dan fundamentalis. Sehingga tercatat dalam sejarah Islam praktek perokonomian dan keuangan menjadi hal terpenting untuk di bina, baik makro, mikro, fizkal dan bahkan moneternya.

1.    Definisi Ekonomi Mikro Islam menurut Ekonomi Islam

Dari uraian sejarah singkat dari ekonomi mikro tersebut maka definisi ekonomi mikro tidaklah lagi sebagaimana definisi umum yang biasa kita kenal dalam buku-buku mengenai keduanya. Yaitu ekonomi mikro disebutkan sebagai teori yang menelaah kegiatan ekonomi secara individual dari sudut pandang hubungan antara produksi, konsumsi, harga, permintaan dan penawaran. Tidaklah demikian. Sebagaimana sejarah menyebutkan, maka definisi dari ekonomi mikro dapat kita definisikan dengan definisi yang lebih akurat, yakni sebagai berikut:

Bahwa Ekonomi Mikro adalah:

Teori ekonomi yang menelaah kegiatan ekonomi antar individu dalam suatu masyarakat, yang apabila teori tersebut dipraktekkan dalam kehidupan nyata pasti akan menimbulkan masalah, yang masalah tersebut tidak akan pernah dapat terselesaikan dengan cara apapun juga.”

Apabila ada sebuah solusi yang mampu meredam gejolak masalah tersebut, pasti dikemudian hari masalah tersebut akan muncul kembali dengan permasalahan yang jauh lebih besar.

Islam lah menjadi solusi dalam nenerapkan sistem perekonomian yang kokoh dan adil bagi seluruh kalangan manusia tanpa mendhaliminya. Ekonomi Islam menuntut setiap pelaku ekonomi untuk menjalankan setiap aktifitas usahanya dengan konsep transparansi, tanpa riba, tanpa gharar dan tanpa monopoli. Karena dengan monopoli harga barang pasaran akan naik dan mahal. Sehingga masyarakat menjadi korban kerakusan pelaku ekonomi tersebut.


                                                                                     Contoh Aktifitas Perekonomian Mikro

2.    Ruang Lingkup Ekonomi Mikro Islam

Pada dataran teoritis, ada beberapa pokok bahasan ilmu mikro ekonomi yang telah menjadi kajian dari sudut pandang ilmu ekonomi Islam, diantaranya adalah:

a. Asumsi Rasionalitas dalam Ekonomi Islami
-  Perluasan konsep Rasionalitas melalui persyaratan transitivitas dan pengaruh infak
(sedekah) terhadap utilitas.
-  Perluasan spektrum utilitas oleh nilai Islam tentang halal dan haram
-  Pelonggaran persyaratan kontinuitas, misal permintaan barang haram ketika keadaan
   darurat.
-  Perluasan horison waktu (kebalikan konsep time value of money)

b. Teori Permintaan Islami
-   Peningkatan Utilitas antara barang halal dan haram.
-   Corner Solution untuk pilihan halal-haram.
-   Permintaan barang haram dalam keadaan darurat (tidak optimal)

c. Teori Produksi Islami
-   Perbandingan pengaruh sistem bunga dan bagi hasil terhadap biaya produksi,
-   Pendapatan, dan efisiensi produksi.

d. Teori Penawaran Islami
-   Perbandingan pengaruh pajak penjualan dan zakat perniagaan terhadap surplus
produsen.
-   Internalisasi Biaya Eksternal.
-   Penerapan Biaya Kompensasi, batas ukuran, atau daur ulang.

eMekanisme Pasar Islami
Mekanisme pasar menurut Abu Yusuf, al-Ghazaly, Ibnu Taimiyah, Ibnu Khaldun.
Mekanisme pasar Islami dan intervensi harga Islami.
- Intervensi harga yang adil dan zalim.

f. Efisiensi Alokasi dan Distribusi Pendapatan
-  Infak dan maksimalisasi utilitas
Superioritas sistem ekonomi Islam

3.    Karakteristik Ekonomi Mikro Islam

Ekonomi Islam pengaturannya bersifat ketuhanan/ilahiah (nizhamun rabbaniyyun), mengingat dasar-dasar pengaturannya yang tidak diletakkan oleh manusia, akan tetapi didasarkan pada aturan-aturan yang ditetapkan Allah s.w.t. sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an dan as-Sunnah. Jadi, berbeda dengan hukum ekonomi lainnya yakni kapitalis (ra’simaliyah; capitalistic) dan sosialis (syuyu`iyah; socialistic) yang tata aturannya semata-mata didasarkan atas konsep-konsep/teori-teori yang dihadirkan oleh manusia (para ekonom).

 Dalam Islam, ekonomi hanya merupakan satu titik bahagian dari al-Islam secara keseluruhan (juz’un min al-Islam as-syamil). Oleh karena ekonomi itu hanya merupakan salah satu bagian atau tepatnya sub sistem dari al-Islam yang bersifat komprehensip (al-Islam as-syamil), maka ini artinya tidaklah mungkin memisahkan persoalan ekonomi dari rangkaian ajaran Islam secara keseluruhan yang bersifat utuh dan menyeluruh (holistik). Misalnya saja, karena Islam itu agama akidah dan agama akhlak di samping agama syariah (muamalah), maka ekonomi Islam tidak boleh terlepas apalagi dilepaskan dari ikatannya dengan sistem akidah dan sistem akhlaq (etika) di samping hukum. Itulah sebabnya seperti akan dibahas pada waktunya nanti, mengapa ekonomi Islam tetap dibangun di atas asas-asas akadiah (al-asas al-`aqa’idiyyah) dan asas-asas etika-moral (al-asas akhlaqiyyah) yang lainnya.

Ekonomi berdimensi akidah atau keakidahan (iqtishadun `aqdiyyun), mengingat ekonomi Islam itu pada dasarnya terbit atau lahir (sebagai ekspresi) dari akidah Islamiah (al-`aqidah sl-Islamiyyah) yang di dalamnya akan dimintakan pertanggung-jawaban terhadap akidah yang diyakininya. Atas dasar ini maka seorang Muslim (menjadi) terikat dengan sebagian kewajibannya semisal zakat, sedekah dan lain-lain walaupun dia sendiri harus kehilangan sebagian kepentingan dunianya karena lebih cenderung untuk mendapatkan pahala dari Allah s.w.t. di hari kiamat kelak.



Berkarakter ta`abbudi (thabi`un ta`abbudiyun). Mengingat ekonomi Islam itu merupakan tata aturan yang berdimensikan ketuhanan (nizham rabbani), dan setiap ketaatan kepada salah satu dari sekian banyak aturan-aturan Nya adalah berarti ketaatan kepada Allah s.w.t., dan setiap ketaatan kepada Allah itu adalah ibadah. Dengan demikian maka penerapan aturan-aturan ekonomi Islam (al-iqtishad al-Islami) adalah juga mengandung nilai-nilai ibadah dalam konteksnya yang sangat luas dan umum.

Terkait erat dengan akhlak (murtabithun bil-akhlaq), Islam tidak pernah memprediksi kemungkinan ada pemisahan antara akhlak dan ekonomi, juga tidak pernah memetakan pembangunan ekonomi dalam lindungan Islam yang tanpa akhlak. Itulah sebabnya mengapa dalam Islam kita tidak akan pernah menemukan aktivitas ekonomi seperti perdagangan, perkreditan dan lain-lain yang semata-mata murni kegiatan ekonomi sebagaimana terdapat di dalam ekonomi non Islam. Dalam Islam, kegiatan ekonomi sama sekali tidak boleh lepas dari kendali akhlaq (etika-moral) yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari ajaran Islam secara keseluruhan.

Elastis (al-murunah), dalam pengertian mampu berkembang secara perlahan-lahan atau evolusi. Kekhususan al-murunah ini didasarkan pada kenyataan bahwa baik al-Qur’an maupun al-Hadits, yang keduanya dijadikan sebagai sumber asasi ekonomi, tidak memberikan doktrin ekonomi secara tekstual akan tetapi hanya memberikan garis-garis besar yang bersifat instruktif guna mengarahkan perekonomian Islam secara global. Sedangkan implementasinya secara riil di lapangan diserahkan kepada kesepakatan sosial (masyarakat ekonomi) sepanjang tidak menyalahi cita-cita syari`at (maqashid as-syari`ah).

Objektif (al-maudhu`iyyah), dalam pengertian, Islam mengajarkan umatnya supaya berlaku dan bertindak obyekektif dalam melakukan aktifitas ekonomi. Aktivitas ekonomi pada hakekatnya adalah merupakan pelaksanaan amanat yang harus dipenuhi oleh setiap pelaku ekonomi tanpa membeda-bedakan jenis kelamin, warna kulit, etnik, agama/kepercayaan dan lain-lain. Bahkan terhadap musuh sekalipun di samping terhadap kawan dekat. Itulah sebabnya mengapa monopoli misalnya dilarang dalam Islam. Termasuk ke dalam hal yang dilarang ialah perlakuan dumping dalam berdagang/berbisnis.

Memiliki target sasaran/tujuan yang lebih tinggi (al-hadaf as-sami). Berlainan dengan sistem ekonomi non Islam yang semata-mata hanya untuk mengejar kepuasan materi (ar-rafahiyah al-maddiyah), ekonomi Islam memiliki sasaran yang lebih jauh yakni merealisasikan kehidupan kerohanian yang lebih tinggi (berkualitas) dan pendidikan kejiwaan.

Realistis (al-waqi`iyyah). Prakiraan (forcasting) ekonomi khususnya prakiraan bisnis tidak selamanya sesuai antara teori di satu sisi dengan praktek pada sisi yang lain. Dalam hal-hal tertentu, sangat dimungkinkan terjadi pengecualian atau bahkan penyimpangan dari hal-hal yang semestinya. Misalnya, dalam keadaan normal, Islam mengharamkan praktek jual-beli barang-barang yang diharamkan untuk mengonsumsinya, tetapi dalam keadaan darurat (ada kebutuhan sangat mendesak) pelarangan itu bisa jadi diturunkan statusnya menjadi boleh atau sekurang-kurangnya tidak berdosa

Harta kekayaan itu pada hakekatnya adalah milik Alah s.w.t. Dalam prinsip ini terkandung maksud bahwa kepemilikan seseorang terhadap harta kekayaan (al-amwal) tidaklah bersifat mutlak. Itulah sebabnya mengapa dalam Islam pendayagunaan harta kekayaan itu tetap harus diklola dan dimanfaatkan sesuai dengan tuntunan Sang Maha Pemilik yaitu Allah s.w.t. Atas dalih apapun, seseorang tidak bolehbertindak sewenag-wenang dalam mentasarrufkan (membelanjakan) harta kekayaannya, termasuk dengan dalih bahwa harta kekayaan itu milik pribadinya.

Memiliki kecakapan dalam mengelola harta kekayaan (tarsyid istikhdam al-mal). Para pemilik harta perlu memiliki kecerdasan/kepiawaian dalam mengelola atau mengatur harta kekayaannya semisal berlaku hemat dalam berbelanja, tidak menyerahkan harta kepada orang yang belum/tidak mengerti tentang pendayagunaannya, dan tidak membelanjakan hartanya ke dalam hal-hal yang diharamkan agama, serta tidak menggunakannya pada hal-hal yang akan merugikan orang lain.


4.    Kelemahan Ekonomi Mikro Islam dan Konvensional

Pada penerapan ekonomi mikro masih terdapat beberapa kelemahan yang mendasar, baik dikaji secara konvesional maupun secara Islam. Pada penerapan ekonomi mikro konvensional kelemahannya terdapat pada ketidakjelasan hubungan yang ingin tercapai dari praktek ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro islam hadir untuk menutupi dan melengkapi kelemahan yang terdapat dalam ekonomi mikro kenvesional. Usaha ini ditujukan dengan adanya pembangunan fondasi atau dasar yang jelas dalam membangun ekonomi mikro yang bertujuan akhirnya untuk mendukung infrastruktur utama pada ekonomi makro.

5.    Kelemahan mikro ekonomi islam :

·         Masih terbatas pada pembahasan dipermukaannya saja, belum dalam tahap prkatek yang
konkrit.
·         Masih dalam bentuk konsep – konsep yang meliputi pembahasan pada ekonomi mikro
konvensional.
·         Pengapdosian konsep atau model ekonomi konvensional pada ekonomi islam dikarenakan tidak adanya perekonomian suatu Negara yang mutlak mengadopsi system ekonomi islam. Bahkan mendekati system ekonomi islam pun belum ada, sehingga tidak mendukung ketersediaan data untuk melakukan pengkajian terhadap ekonomi mikro islam. Hal inilah yang akhirnya menghambat penerapan prinsip – prinsip ekonomi mikro islam yang meliputi sumber hukum ekonomi islam, mode transaksi islam dan prinsip keuangan islam.


Dengan mengetahui factor pembeda antara dua konsep ekonomi mikro dapat kita simpulkan bahwa suatu keharusan dan wajib hokum bagi umat Islam untuk mengimplementasikan semua konsep perekonomian yang di dasarkan pada hokum Islam (transaksi ekonomi Islam). Meskipun masih terdapat kekerungan dalam penataan aturan-aturannya.


Rujukan Bacaan

Ahmad Yani, Gunawan Widjaja, Jaminan Fidusia, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2007.

Abdul Azhim bin Badawi Alkahfi, Al-Wajiz (Panduan Fiqh Lengkap),Bogor: Pustaka Ibnu Katsir, 2007.

Ascarya,  Akad dan Produk Bank Syariah, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Abdullah Abdul Husain at-Tariqi, Ekonomi Islam (Prinsip, Dasar dan Tujuan), Yogyakarta: Magistra Insania Press, 2004

Dewan Syariah Nasional, Majelis Ulama Indonesia, Bank Indonesia, Himpunan Fatwa Dewan Syariah Nasional, Jakarta: DSN-MUI BI, 2001.

Gunawan Widjaja, Kartini Muljadi, Penanggungan Utang dan Perikatan Tanggung Menanggung, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2005.

Muhammad Teguh, Metodologi Penelitian Ekonomi (Teori dan aplikasi), Jakarta:   PT.Raja Grafindo Persada, 2005.

Muhammad, Manajemen Pembiayaan Mudharabah di Bank Syariah, Jakarta: Rajawali, 2008.

M. Ali Hasan, Berbagai Macam Transaksi Dalam Islam (Fiqh Muamalah), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Muhammad, Etika Bisnis Islami, Yogyakarta: Akademik Manajemen Perusahaan   YKPN, 2002.

Rudyi Lontoh, dkk, Penyelesaian Utang-Piutang melalui Pailit atau Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang, Bandung: Alumni, 2001
.
Ridwan Nurdin, Akad-akad Fiqh Pada Perbankan Syariah di Indonesia (Sejarah,  Konsep, dan Perkembangannya), Banda Aceh: Yayasan Pena Banda    Aceh, 2010.

Sutan Remi Sjahdeini, Perbankan Islam Dan Kedudukannya Dalam Tata Hukum  Indonesia, Jakarta: Grafiti, 2005.

MANAGEMENT SYARIAH

  A. PENGAWASAN DALAM ISLAM Kata pengawasan dipakai sebagai arti harfiah dari kata controlling. Control adalah pengawasan, penilikan, peng...